MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

06 September 2024 12:54:04 WITA

 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDesa) adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan.

Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa).

Pada pelaksanaan Musrebang Desa Sinabun diselenggarakan  pada umat, 06 September 2024 ini dihadiri oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Sawan  Wayan Mahayasa, Perbekel Desa Sinabun Beserta Staff Pemerintahan Desa, Pimpinan BPD Gede Wiryawan, beserta Anggota BPD Desa Sinabun, Pimpinan LPM Putu Mawa, Ketua dan Anggota Bumdes,  Pendamping Desa . Musrenbang Desa Sinabun kali ini juga melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat yang terdiri dari , perwakilan lembaga Desa Adat,Perwakilan Kelompok Tani, Kader Pemberdayaan Masyarakat, Seluruh Kepala Sekolah SD yang ada di Desa Sinabun serta tokoh masyarakat dengan daftar hadir terlampir. 

Tujuan dari dilaksanakannya Musrenbang Desa Sinabun adalah perencanaan pembangunan desa yang partisipatif dari semua Komponen Masyarakat, Lembaga Kemasyarakatan dengan Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kecamatan. Serta tujuan utama dari dilaksanakannya Musrenbang Desa Sinabun kali ini ialah

  1. Membahas dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan skala Desa Tahun 2025 dan Perubahan Tahun 2024.
  2. Daftar Prioritas kegiatan pembangunan Desa Tahun 2025 yang akan di usulkan melalui Musrenbang Kecamatan.
  3. Memilih dan menetapkan Delegasi Desa untuk menjadi perwakilan Desa dalam kegiatan musrenbang kecamatan.

 Perencanaaan desa harus selaras dengan kebijakan pembangunan kabupaten dalam hal, Pendidikan dan Kesehatan, Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Pariwisata Desa, Pertanian dan Perikanan, dan Kebencanaan.

Dokumen Lampiran : MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA


Komentar atas MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sinabun

tampilkan dalam peta lebih besar