Sejarah Desa Sinabun

31 Januari 2017 19:18:39 WITA

Sebelum Desa Sinabun terbentuk pada jaman dahulu, Desa Sinabun bernama Desa Menasa yang mana desa tersebut terletak di sebelah timur Desa Sinabun yang sekarang.

Yang mana pada jaman itu di Desa Manasa berdiri suatu pedukuhan yang mana pada jaman itu masih menikuti tata cara kerajaan Majapahit, dengan dibuatnya suatu petilasan atau pemujaan dengan lambing Ganesa. Ganesa tersebut merupakan bakti dan sujud pada kerajaan Majapahit. Dan setelah itu menurut cerita terjadi suatu wabah penyakit yang dasyat di Desa Menasa maka penduduk desa Menasa banyak menginggalkan tempat.

      a.  Ada yang lari ke Desa Suwug

      b.  Ada yang lari ke Desa Bengkala

      c.  Ada yang lari ke barat yang sekarang menjadi Desa Sinabun

Desa Sinabun diambil dari awal kata Sinuhun (Horma Kepada Beliau) yang bersetana di Dusun Menasa. Kata Sinuhun menjadi kata Desa Sinabun dan juga ada suatu peninggalan dari Kerajaan Majapahit, antara lain pakaian-pakaian raja dan peralatan-peralatan upacara yang sekarang disimpan di Desa Adat Sinabun, dan juga sebuah gamelan Jawa (Gong Jangjng) yang sekarang disimpan di salah satu rumah warga yang diperkirakan penduduk asli Desa Sinabun dan merupakan hadiah bagi masyarakat pada waktu itu yang terdiri dari:

Desa Adat Pekraman Sinabun terdiri dari 5 (lima) tempek Adat yaitu:

         a.  Tempek Adat Menasa

         b.  Tempak Adat Tengah

         c.  Tempek Adat Dalem

         d.  Tempek Adat Jero

         e.Tempek Adat Keloncing Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sinabun

tampilkan dalam peta lebih besar